Senin, 11 Februari 2013

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PIDATO)


Assalamualaikum wr.wb
                Yang terhormat, Kepalah Sekolah SMAN 1 Babelan, Bapak/Ibu guru, serta teman-teman seperjuangan yang saya sayangi.
                Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam sehat wal’afiat. Shalawat serta salam tak lupa kita junjungkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW, karena berkat bimbingan beliau kita dapat jalan yang terang benderang, yaitu ad-dinul islam.
                Dalam kesempatan ini, saya ingin sedikit menyampaikan kepada hadirin sekalian tentang “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi’.
                Teknologi informasi adalah suatu cara bagi pengguna media untuk berkomunikasi dan memberi atau mendapatkan suatu informasi kepada orang lain.
                Dalam bidang pendidikan, dengan teknologi informasi dan komunikasi dapat menyebarluaskan dan mendapatkan ilmu pengetahuan untuk sektor-sektor pendidikan. Contohnya, para siswa dapat terbantu dengan adanya internet dalam mengerjakan tugas sekolah, maupun belajar di internet. Dengan adanya pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di sekolah, siswa dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari-hari.
                Manfaat TIK tidak hanya pada bidang pendidikan saja,tetapi juga pada bidang sosial, contohnya seseorang  dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lai melalui jaringan internet. Banyak media sosial yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna TIK untuk bersosialisasi dengan orang lain seperti Yahoo mail, Facebook, Twitter, dan lain-lain.
                Hadarin yang berbahagia,
                Dibalik manfaat TIK dalam kehidupan, TIK juga memiliki damapak baik dan buruknya. Dampak baiknya kita bisa memperoleh informasi secara luas dan dapat berkomunikasi dengan orang lain dari jarak yang jauh. Sedangkan, dampak buruknya tidak ada batasan bagi pengguna TIK sehingga adanya kebebasan yang mengakibatkan penyalahgunaan fasilitasa TIK yaitu internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau tindakan asusila.
                Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan sebaik-baiknya dalam hal positif demi kemajuan diri dan pribadi kita. Dan kita selaku pengguna TIK harus dapat menguasai tekonologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.
                Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Kurang dan lebihnya, mohon maaf.
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar