Rabu, 27 Februari 2013

SIKAP DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI (VERSI INDO)


Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat,  Ibu Min selaku guru bahasa inggris , serta teman-teman yang saya sayangi.
            Pertama, mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam sehat wal’afiat. Shalawat serta salam tak lupa kita limpahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jaman kegelapan ke jaman yang terang seperti saat sekarang ini.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan kepada hadirin sekalian tentang "sikap dalam menghadapi era globalisasi '.

Sebagaimana kita ketahui, sekarang ini dunia kita berada pada era globalisasi. Globalisasi adalah proses dimana peristiwa, keputusan, dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai masyarakat di dunia. Proses globalisasi tidak dapat dihindari. Suka atau tidak suka , siap atau tidak siap, proses globalisasi itu sedang terjadi dan mempengaruhi semua manusia di dunia. orang yang mendukung globalisasi, menginginkan agar proses globalisasi dapat berjalan terus. Karena mereka melihat globalisasi dari sisi positif yaitu menganggap globalisasi sebagai suatu proses yang membawa masyarakat menuju suatu tatanan hidup yang lebih baik. Sedangkan, orang yang antiglobalisasi yaitu melihat globalisasi sebagai ancaman, menginginkan proses globalisasi ditata kembali karena tidak semua penduduk dunia dapat menikmati globalisasi.
Globalisasi telah banyak mempengaruhi kehidupan kita semua. Oleh karena itu, kita harus mampu menyikapi terhadap dampak-dampak yang ditimbulkannya. Percepatan arus informasi dan teknologi akan mempercepat pula globalisasi yang membawa pengaruh yang luas terutama perubahan perilaku masyarakat dalam berbagai hal karena globalisasi memeliki dampak positif dan negatif. Globalisasi mempunyai banyak aspek yang mempengaruhi dunia, seperti dalam industri, keuangan, ekonomi, politik, teknologi, dan sosial-kultural. Jika negara kita ingin bertahan di dalam era globalisasi ini, kita harus kita selektif secara cermat dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya.
Era globalisasi adalah era yang penuh tantangan. Tantangannya berupa kuatnya pengaruh budaya barat dan persaingan yang tinggi. Jika kita mampu menghadapi tantang itu, kita akan berhasil melalui era globalisasi. Jadi, kita harus membentengi diri dengan baik sehingga bisa membedakan pengaruh baik dan buruk  serta bersikap selektif dalam menyeleksi dampak-dampak dari globalisasi.
Demikian pidato dari saya, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian semua. Kurang dan lebihnya, mohon maaf.
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar